Home

14 September 2005

MANAGEMENT BUILDING

MANAJER ENERGI PADA MANAGEMENT BUILDING
Pemborosan energi di gedung-gedung komersial memang mencapai angka rata-rata sepuluh persen per hari. Hal ini terjadi akibat tidak adanya posisi manajer energi yang secara khusus menangani pengelolaan energi, memang proses pengelolaan sebuah gedung harus dimulai dengan kesadaran dan komitmen yang yang harus dilakukan oleh seorang operator /maintenance agar peraturan yang dibuat oleh pengelola dijalankan dengan baik dilapangan asal jangan bermula dari kurangnya kesadaran para pemilik gedung. Umumnya, urusan pengelolaan energi pada gedung-gedung komersial ini diserahkan kepada bagian maintenance yang tidak mengetahui standar pengelolaan energi yang baik. ''Jadinya, pemborosan terus terjadi setiap waktu. Ini amat disayangkan,'' .Akan tetapi inipun kurang baik seandainya pengelola mau melakukan manajemen pengelolaan energi yang baik , harus dimulai dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada seorang mantenance di suatu lembaga-lembaga pendidikan secara priodik agar ilmu ataupun yang pernah di berikan dapat diterapkan di lingkungan kerja mereka. Audit memang terbukti mampu menghemat pengeluaran perusahaan dengan cukup signifikan. ''Untuk pergantian alat, penghematan malah bisa mencapai 30 hingga 40 persen,'' tetapi itu terkadang jarang dilakukan oleh management dengan alasan alat yang masih bisa digunakan masih baik atau belum adanya dana perbaikkan ,padahal setiap hari para maintenance melakukan laporan-laporan kerusakan yang terjadi pada setiap unit, bukan berarti seorang operator / maintenance kurang kesadaran soal pentingnya hemat energi.Mungkin beberapa jenis gedung komersial, terutama perhotelan, sudah banyak yang melakukan audit energi dan melakukan pembenahan manajemen energi. ''Hanya saja jumlahnya masih terbatas,''. Selain itu, isu efisiensi energi kadang hanya timbul pada saat krisis. Kalau krisis lewat, orang sudah tidak peduli lagi. ''Ini terutama akibat tidak adanya posisi manajer energinya yang secara konsisten mempertahankan pola penghematan energi " .
Adapun demikian yang seperti itu bisa saja sebuah polemik pada management /pengelola gedung , seorang operator akan mematuhi semua peraturan baik peraturan lama ataupun peraturan baru, itu semua ada pada kurangnya keterbukaannya sebuah unit pengelola /management building pada para pekerja dilapangan [operator/maintenance] .

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam kenal Pak, Blog nya bagus sekali nih.. Banyak ilmu yang bisa di dapat terima kasih ya..

REDtindo Utama mengatakan...

"Sehubungan dengan banyaknya kasus-kasus kebakaran akibat korsleting listrik atau pemeliharaan fasilitas listrik yg kurang memadai, bersama ini kami memperkenalkan tehnology baru dalam bidang PREVENTIVE Maintenance, yaitu menggunakan infrared thermography untuk menganalisa distribusi panas pada titik-titik sambungan kabel, komponen listrik."
Telepon : (021) 90243637 atau 081384094590
email : info@redtindo.tk
website : www.redtindo.tk
http://www.facebook.com/groups/redtindo/