Home

07 September 2005

Sistem Panel Control Genset

PANEL KONTROL GENSET
2X500 KVA SYNCRON


Pada saat PLN padam, suplay dari genset sangat dibutuhkan untuk menggantikan sementara suplay dari PLN. Karena berfungsi sebagai back-up, maka kapasitas daya genset lebih kecil dari kapasitas suplay dari PLN.
Pada industri atau perusahaan yang membutuhkan suplay daya dalam jumlah yang besar, biasanya memakai tidak hanya satu genset dengan KVA yang besar, tetapi memakai beberapa genset dengan kapasitas KVA yang lebih kecil . Ini dikarenakan apabila apabila beban yang dipakai kecil, tidak semua genset jalan. Selain itu yang lebih penting adalah perawatannya bisa dilakukan secara bergantian dan tidak terlalu khawatir tiba-tiba PLN padam.
Pemakaian beberapa genset tidak bisa langsung digabung dipanel induk ,tetapi harus melalui proses sinkronisasi. Pada proses sinkronisasi ini, tegangan, beda fasa, frekuensi dan putaran fasa harus disamakan untuk semua genset yang akan di sinkron. Apabila tidak melalui proses sinkronisasi, bisa mengakibatkan kerusakkan pada genset yang bersangkutan.
Pada proses sinkronisasi, banyak hal yang harus diperhatikan.Salah satunya adalah jangan sampai genset berubah fungsi sebagai motor karena adanya aliran daya ke arah genset. Untuk mengatasi itu dipakai proteksi Reverse Power Relay, yang akan men-trip-kan breaker apabila aliran daya berbalik arah [SIER] .

Tidak ada komentar: